Duta Museum DIY Meriahkan Karnaval Festival Museum 2015


            Barisan meriah karnaval yang diikuti puluhan museum menjadi pembuka pada Festival Museum 2015 yang diselenggarakan Badan Musyawarah Musea dan Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Arak-arakan bertema museum tersebut diselenggarakan pada tanggal 14 Oktober 2015 di sepanjang jalan Maliboro. Ratusan pengunjung lokal maupun mancanegara antusias menikmati aksi teatrikal karnaval yang disajikan sesuai ciri khas masing-masing museum.
            Karnaval ini diikuti dengan rangkaian acara pada Festival Museum 2015 dengan tema "Museum for Edutourism" yang diselenggarakan 15-19 Oktober di Benteng Vredeburg Yogyakarta. Tema tersebut bertujuan untuk menjelaskan pada masyarakat bahwa peran museum tidak hanya sebagai objek wisata, namun juga sebagai tempat pendidikan. Acara-acara pada Festival Museum 2015 meliputi pameran museum, workshop, pentas tari, festival band, lomba melukis dan mewarnai, serta lomba stand up comedy.


Selain 33 museum di DIY ditambah dua museum dari Jakarta dan Kabupaten Majene, Duta Museum DIY 2015 juga turut berpartisipasi dalam karnaval. Belasan anggota Ikatan Duta Museum mengikuti karnaval ini dengan kompak dan antusias. Barisan karnaval Duta Museum DIY 2015 merepresentasikan tiga golongan museum yaitu museum pendidikan, museum perjuangan, dan museum seni budaya. Konsep karnaval ini mengacu kepada tema yang diusung International Council of Museum yaitu “Museums for a Sustainable Society” karena Duta Museum DIY diharapkan memiliki pemahaman yang global terhadap dinamika permuseuman agar fungsi museum terus berkelanjutan di masyarakat.
Pada barisan karnaval dengan tema museum perjuangan, Duta Museum DIY 2015 bekerja sama dengan komunitas Djogjakarta 1945. Komunitas ini memperhatikan peristiwa bersejarah dalam berdirinya Republik Indonesia di DIY, sehingga mereka dengan senang hati meminjamkan kostum era perjuangan saat karnaval berlangsung. Sedangkan pada barisan museum pendidikan dan museum seni budaya, setiap orang membawa papan tulisan yang berisi slogan untuk mengajak masyarakat mencintai museum. Sepanjang karnaval berlangsung, Duta Museum DIY 2015 terus aktif mengkampanyekan gerakan mengunjungi museum kepada para penonton.
Duta Museum DIY 2015 juga bekerja sama dengan mahasiswa Pascasarjana Institut Seni Indonesia untuk menghias pick up yang mengiringi bagian belakang barisan karnaval. Pick up ini dihias dengan lukisan ekspresionisme potret diri para figur museum di DIY yaitu Affandi, Jenderal Soedirman, dan Ki Hadjar Dewantara. Pada acara pameran Festival Museum 2015, Duta Museum DIY berkolaborasi dengan para pembuat merchandise yang peduli dengan seni budaya Indonesia dan mengadakan “Instagram Photo Competition” untuk mempromosikan museum lebih luas. Dengan adanya kolaborasi multidisiplin, Duta Museum 2015 dapat menghasilkan ekspresi kreatif dan keterlibatan unik dari berbagai pihak untuk mengapresiasi museum di DIY.


Seruni Bodjawati - Juara Umum Duta Museum DIY 2015
Majalah Siswa Nusantara Tamansiswa